(Loading...)

Manfaat Mandi Dengan Air Dingin



Haloo ~~ . Kali ini saya ingin membahas tentang manfaat mandi dengan air dingin. Kalian malas mandi air dingin di pagi hari karena sejuk/dingin ? kalian lebih enak berendam dengan air hangat ? Jangan remehkan air dingin lho. Air dingin juga meberikan beberapa khasiat apabila kita mandi dengan air dingin. Mari kita bahas berikut manfaatnya.



Bermanfaat untuk Kesuburan Pria.



Yang laki-laki jangan kebiasaan mandi dengan air hangat. Air dingin sangat bermanfaat untuk kesuburan pria. Perlu diketahui air hangat/panas tidak baik untuk testis anda. Berdasarkan penelitian pada tahun 2007, berendam dengan air hangat selama 30 menit dapat menurunkan kualitas sperma. Akan tetapi air dingin dapat bermanfaat untuk kesuburan pria.


Meningkatkan/Melancarkan Sirkulasi Darah.



Ketika air dingin mengenai permukaan kulit, pembuluh darah di bawah permukaan kulit akan mengkerut. Hal ini akan mengurangi sirkulasi darah, tetapi pada saat yang sama mekanisme tekanan darah secara otomatis akan menghancurkan dan menargetkan jaringan. Hal ini menybabkan darah bersikulasi dengan dorongan lebih besar, sehingga aliran darah menjadi lebih kuat dalam meningkatkan sirkulasi. Air yang hangat akan mengalirkan darah ke kulit, sedangkan air dingin mengalirkan darah ke organ-organ tubuh. Perubahan antara panas dan dingin ini akan memicu sirkulasi yang lebih baik dalam darah, dengan memaksa darah untuk bergerak. Anda disarankan untuk mengubah air panas dan dingin beberapa kali, dan mengakhiri mandi dengan air dingin unguk membantu sirkulasi darah tersebut. Kita perlu memastikan sirkulasi darah yang baik karena hal ini dapat mencegah berbagai kondisi, seperti hipertensi, pengerasan arteri, dan urat-urat kaki yang menonjol (varises). Sirkulasi darah yang baik akan memperbaiki sistem tubuh kita, sekaligus membuat penampilan kita lebih menarik.


Membangun Kekebalan Tubuh.



Mandi air dingin dapat meningkatkan metabolisme karena setelah mandi air dingin akan meningkatkan panas tubuh dan menghidupkan kembali sistem kekebalan tubuh dengan melepaskan sel darah putih. Sel darah putih ini yang akan melindungi tubuh dari virus atau bakteri jahat pada tubuh.


Meningkatkan Metabolisme.



Ketika seseorang merasa kedinginan, biasanya mereka akan mengenakan baju hangat untuk menghangatkan tubuh. Begitu pula saat tubuh anda disiram dengan air dingin, secara otomatis tubuh akan menghasilkan panas, yang membuat metabolisme tubuh meningkat dengan cepat. Saat itulah karbohidrat dan lemak dibakar untuk membuat anda merasa hangat.


Mencegah Cedera.



Setelah anda melakukan aktivitas fisik, otot-otot akan meradang dan anda butuh waktu untuk membuat otot-otot anda menjadi rileks. Untuk meningkatkan kekuatan dan massa oto, serat pada otot anda akan membesar dan mengerut. Oleh karena itu, untuk mencegah serat otot pecah karena aktivitas fisik yang berlebihan, mandilah dengan air dingin.


Air Dingin untuk Tubuh.



Air dingin dapat memperdalam pernapasan dan membantu melawan kelelahan. Bahkan jika anda mengalami masalah tidur, mandi air dingin dipercaya bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak.


Wajah Lebih Bersih dan Bercahaya.


Uap air panas cenderung akan membuka pori-pori. Dengan pori-pori yang terbuka, kotoran akan lebih mudah dibersihkan. Namun, setelah selesai membasuh wajah, sebaikny anda menutup kembali pori-pori yang terbuka dengan menyiramkan air dingin ke wajah. Membasuh wajah yang sudah bersih dengan air dingin juga akan mencegah pori-pori tersumbat kotoran dan minyak, yang menyebabkan masalah kulit seperti jerawat. Selain itu, air dingin juga membuat pembuluh darah menyempit sehingga mengurangi pembekakan dan munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Hasilnya, kulit akan terlihat lebih berkilau.


Rambut Sehat.



Seperti yang telah dikatakan tadi, air panas akan membuka pori-pori. Bayangkan bila pori-pori pada kulit kepala anda terbuka, tentu rambut menjadi mudah rontok. Sebaliknya, air dingin akan menutup kutikula yang menybabkan rambut menjadi lebih kuat dan mencegah kotoran terkumpul di kulit kepala. Rambut yang lebih kuat juga tak akan mudah tercabut ketika anda menyisirnya, dan dengan sendirinya memperlambat kerontokan rambut. Tak hanya itu, air dingin juga membuat rambut anda lebih berkilau. Sebab, air dingin tidak melenyapkan minyak alami yang terdapat pada kulit rambut.


Tubuh Lebih Bugar.




Apabila anda mandi dengan air dingin, Air dingin dapat membantu "membangunkan" saraf-saraf dalam tubuh anda. Selepas mandi air dingin, anda juga lebih dapat mengatasi udara dingin diluar rumah. Hal ini berbeda dengan mandi air panas, yang akan membuat tubuh menjadi lemas. Itu sebabnya, mandi malam dengan air panas membuat anda siap tidur nyenyak.


Mengurangi Tingkat Stress Pada Pikiran Diri Anda.



Dengan mulai membasahi tubuh dengan air dingin dipagi hari akan memastikan seluruh tubuh mendapatkan pasokan oksigen dalam jumlah cukup. Kebutuhan oksigen pada organ yang terpenui akan mampu mengurangi tingkat stress yang dialami.


Manfaat-Manfaat Lainnya.

Mandi air dingin dapat mengurangi rasa nyeri yang kronis, nyeri pada tubuh, meningkatkan kesehatan rambut, meningkatkan fungsi ginjal, mengurangi pembengkakan dan mengatur sistem saraf otonomik.

Mandi air dingin akan membuat anda merasa segar dan berenergi serta menguatkan seluruh esensi kehidupan anda. Anda akan menjadi jauh lebih waspada dan bersemangat.

Bila anda belum terbiasa mandi air dingin, coba saja dengan cara perlahan-lahan seperti mengurangi kadar air panas terus-menerus sampai anda terbiasa sampai air dingin.





Demikian dari saya kali ini. Mandi dingin banyak sekali manfaatnya lho. Makanya jangan takut untuk mandi air dingin. Saya sama sekali jarang mandi air hangat. Setiap pagi saya selalu mandi air dingin dan membuat saya langsung segar dan bersemangat menghadapi hari saya. Salam Tampan ~~


Source : http://www.smallcrab.com/  dan  http://intips-kesehatan.blogspot.com/
Share on Google Plus

About Unknown

MasariuMan adalah seorang programmer yang bergerak di bidang web maupun desktop. Dengan membuat blog ini diharapkan dapat membantu dan memudahkan orang-orang untuk mendapatkan informasi yang belum diketahuinya.

2 komentar :

  1. Saya suka karena infonya sangat lrngkap dan menambah pengetahuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih karena telah berkunjung ke blog saya :) . Semoga info ini sangat membantu anda :D

      Hapus